Monday, January 5, 2015

Mengenal Teknologi dan Informasi Ribuan Tahun Lalu Hingga Kini

        Manusia berkomunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi. Berbagai macam cara dan alat digunakan untuk berkomunikasi, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih. Komunikasi telah dilakukan sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu. Bangsa Yunani kuno menyampaikan pesan dengan cara memberi sinyal menggunakan matahari. Ini adalah cara komunikasi paling tua di dunia.

       Manusia juga membuat goresan- goresan pada tulang untuk menyampaikan berbagai pesan. Sekitar 5 ribu tahun yang lalu, tulisan berupa simbol-simbol gambar mulai di kembangkan, Bangsa
Mesir kuno dan bangsa Maya di Amerika Tengah yang pertama kali menggunakan nya. tulisan dengan gambar ini disebut Hieroglif.

       Kemudian, Manusia mulai berkomunikasi dengan menggunakan alat - alat sederhana, seperti kentungan, lampu sorot, dan sinyal bendera. Alat - alat ini mengirim informasi dalam bentuk yang berbeda. contohnya kentungan, warga di pedesaan memukul kentungan dengan cara tertentu jika ingin menyampaikan informasi.
Lain hal nya dengan lampu sorot. Informasi disampaikan dalam bentuk kedipan cahaya. Lampu sorot biasanya digunakan di pelabuhan atau mercusuar untuk memberi tanda pada kapal yang akan berlabuh

       Teknologi informasi terus mengalami perkembangan. penemuan - penemuan baru mengubah cara manusia berkomunikasi. Hal ini diawali dengan penemuan telegraf Listrik, yaitu alat komunikasi yang mengirim pesan melalui kawat listrik. Kode yang digunakan untuk menyapaikan pesan nya adalah kode Morse. Kode Morese ini terdiri atas beberapa titik dan garis. Cara bertukar Informasi atau pesan seperti ini disebut Telekomunikasi. Telegraf listrikmerupakan awal abad informasi dan telekomunikasi

          Kemudian Telekomunikasi semakin terasa dengan adanya Teknologi Telefon, Televisi, dan Komputer. Televisi telah menjadi teknologi komunikasi terpenting. Kita dapat mengetahui berbagai Informasi terbaru dari berbagai belahan dunia dengan sangat cepat.

Pesawat televisi menerima gelombang radio yang dipancarkan melalui satelit komunikasi luar angkasa, kemudian gelombang ini di ubah menjadi gambar dan bunyi, berupa Film atau acara Favorit anda.

Begitu juga cara kerja telepon. telepon rumah mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik. gelombang listrik tadi dilewatkan pada kabel telepon. Telepon penerima mengubah kembali gelombang listrik tadi menjadi gelombang suara.

Telepon selular mengubah gelombang suara menjadi gelombang radio, lalu dikirim lewat stasiun pemancar. Gelombang radio adlah salah satu gelombang yang dapat berjalan di udara. Oleh karena itu telepon selular tidak memerlukan kabel untuk berkomunikasi. Teknologi ini dikenal dengan Nirkabel atau WirelessHal ini memudahkan kita utuk berkomunikasi dimana pun kita berada.


Penggunaan Komputer dalam komunikasi juga sangat populer. Jika pada awalnya kompuetr di ciptakan untuk menyelesaikan soal matematika yang sulit, akan tetapi sekarang kegunaannya telah jauh berkembang. salah satu nya adalah sebagai teknologi untuk menyapaikan pesan atau Informasi.





Kamu dapat saling berkirim Informasi dengan orang-orang di berbagai belahan dunia dengan menggunakan komputer yang terhubung jaringan Internet. Internet adalah jaringan komputer Raksasa yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment